Tahu Gimbal H. Edy, Enaknya Melegenda, Sejak Tahun 1972

Salah satu kuliner khas Semarang yang sangat populer adalah tahu gimbal. Tak heran bila kuliner ini dengan mudah ditemukan di berbagai titik di Kota Semarang. Tahun 1998-an, saat tinggal di Kota Atlas ini, saya sering menikmati kuliner tahu gimbal di depan Masjid Raya Baiturrahman. Nah, tempo hari, seusai berburu buku di Pesta Semarang Sejuta Buku 2016 di Gedung Wanita, Jl. Sriwijaya No. 29, mendadak saya kangen menikmati kuliner tradisional ini.

Tahu gimbal H. Edy memang enak...
Tahu gimbal H. Edy memang enak…

Eanaknya melegenda...
Eanaknya melegenda…
Disantap dengan ditemani es duren, kian nyamleng cita rasanya...
Disantap dengan ditemani es duren, kian nyamleng cita rasanya…

Akhirnya, tanpa ba-bi-bu, meluncurlah saya ke Warung Tahu Gimbal Pak H. Edy yang berlokasi di Jl. Menteri Supeno, kompleks Taman KB, Semarang. Pak H. Edy, pria asal Jepara ini, termasuk salah satu penjual tahu gimbal yang cukup populer dan legendaris di Semarang.

Kepada saya, H. Edy menuturkan, ia mulai berjualan tahu gimbal di Semarang sejak tahun 1972. Awal mulanya ia berjualan tahu gimbal secara berkeliling menggunakan gerobak. Kemudian, sempat mangkal di kawasan simpanglima. Karena penertiban, tahun 1990, H. Edy pindah tempat mangkal di Jl. Pahlawan.

Lebih dari 20 tahun H. Edy mangkal jualan tahu gimbal di Jl. Pahlawan. Namun, lagi-lagi, karena adanya penataan atau relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL), tahun 2011 H. Edy pindah mangkal di Taman KB atau di Jl. Menteri Supeno hingga sekarang. “Insyaallah sekarang sudah menetap mas, alhamdulillah,” tuturnya kepada saya.

Tahu gimbal H. Edy termasuk salah satu yang terenak dan melegenda, karenanya menjadi jujugan penggemar tahu gimbal di Semarang. Yang khas dari kuliner tahu gimbal adalah gimbal itu sendiri. Gimbal adalah semacam bakwan goreng yang berisi udang yang digoreng kering, yang kemudian disajikan dengan lontong, kol, tahu, dan tauge, yang disiram dengan bumbu kacang yang agak encer dan banyak, serta diberi telur goreng sebagai pelengkapnya plus kerupuk udang. Sambal kacangnya bercita rasa khas karena dipadu dengan petis udang.

Sejak tahun 1972, kini menjadi salah satu jujugan kuliner tahu gimbal di Semarang...
Sejak tahun 1972, kini menjadi salah satu jujugan kuliner tahu gimbal di Semarang…
H. Edy saat meracik tahu gimbal untuk pelanggannya...
H. Edy saat meracik tahu gimbal untuk pelanggannya…
Gimbal udangnya menggoda selera...
Gimbal udangnya menggoda selera…
Menjadi salah satu yang terenak...
Menjadi salah satu yang terenak…

Cita rasa tahu gimbal merupakan perpaduan rasa yang sinergis antara gurih, manis, dan pedas. Tingkat kepedasan tahu gimbal bisa dipesan sesuai level pedas yang diinginkan. Saat di warung H. Edy itu, saya memesan tahu gimbal yang pedas sesuai selera saya. Memang rasanya enak alias top markotop. Apalagi dengan gimbal udang yang besar-besar sehingga dominasi rasa udangnya bener-benar kuat, sehingga menambah nyamleng cita rasanya.

Warung H. Edy mulai buka sore hari sekitar jam 15.00 WIB hingga malam hari. Seporsi tahu gimbal dihargai Rp 16.000,-. Di sini, Anda bisa menikmati kelezatan tahu gimbal dengan berbagai pilihan minuman yang cukup beragam. Selain es teh atau teh panas dan es jeruk atau jeruk panas, ada juga minuman lain yang segar, yakni es campur, es teller, dan es duren. Mantap to! Monggo mampir….*

–>Artikel dan semua foto yang diposting di blog ini ditulis dan diambil oleh saya, ©Kang Asti, untuk Jatengnyamleng.com. Dan terima kasih atas kerjasamanya untuk tidak menggunakannya tanpa izin. Jika ada yang ingin menggunakan artikel atau foto untuk tujuan komersial, silahkan menghubungi saya secara pribadi.

Komentar Facebook
No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *