Nasi Jagung plus Sayur Lompong, Kuliner ‘Ndeso’ yang Nikmatnya Begitu Menggoda

Kabupaten Grobogan termasuk salah satu produsen jagung terbesar nasional. Tak heran bila di daerah ini mudah dijumpai berbagai olahan produk dari jagung. Di antaranya marning dan emping jagung yang sentranya ada di Desa Tambakselo, Kecamatan Wirosari. Selain itu, ada kuliner berbahan jagung yang ‘mengggoda’ untuk dinikmati, yakni nasi jagung plus pelengkapnya yang aduhai, antara lain gudangan dan sayur lompong.

Seporsi nasi jagung dengan aneka kondimen yang menggoda...
Seporsi nasi jagung dengan kondimen yang menggoda…

Makanan ndeso yang menggugah selera...
Makanan ndeso yang menggugah selera…
Sayur lompong yang seger dan gurih...
Sayur lompong yang seger dan gurih…

Tahun 1980-an sampai dengan awal tahun 1990-an, nasi jagung masih menjadi makanan utama sehari-hari sebagian besar warga Grobogan, terutama yang tinggal di pedesaan. Jadi, nasi jagung sebenarnya bukanlah makanan yang istimewa ketika itu.

Seiring perkembangan zaman, saat ini sudah mulai sulit ditemukan warga yang sehari-hari makan nasi jagung. Apalagi perkembangan teknologi dengan hadirnya rice cooker, sehingga menanak nasi (beras) menjadi semakin praktis. Beda dengan membuat nasi jagung yang agak ribet. Makanya, saat ini sulit menemukan nasi jagung di rumah-rumah warga. Peluang inilah yang nampaknya ditangkap oleh sejumlah pedagang. Sehingga saat ini mudah dijumpai warung-warung penjual nasi jagung.

Dari sekian warung nasi jagung di Grobogan, favorit saya bila siang hari adalah WM. Nasi Jagung Bu Lasmi yang mangkal di salah satu los Hutan Kota, Jl. Gajah Mada, Purwodadi (timur Polres Grobogan). Warung ini menyediakan kuliner nasi jagung yang, menurut saya, mantap abis. Menawarkan sensasi makan nasi jagung plus sayur lompong dipadu dengan bothok dan pepes pindang dengan tak lupa rempeyek dan sambalnya yang bikin ketagihan dan gobyos. Warung Bu Lasmi buka sekitar jam 11.00 WIB atau menjelang dhuhur sampai sore. Begitu buka, biasanya langsung diserbu pelanggannya.

Warung nasi jagung favorit saya di malam hari...
Warung nasi jagung favorit saya di malam hari…
Ada pepes pindang dan pepes gereh yang makin menggoda...
Ada pepes pindang dan pepes gereh yang makin menggoda…
Sate ampela hati ayam dan sate keong yang selalu ada...
Sate ampela hati ayam dan sate keong yang selalu ada…
Kombinasi yang bikin kangen...
Kombinasi yang bikin kangen…

Adapun kalau malam hari, warung nasi jagung favorit saya adalah WM. Sederhana Nasi Jagung Bu Puji. Warung ini dulunya mangkal di trotoar Alun-alun Purwodadi, tepatnya di sebelah utara kantor pos. Karena kawasan alun-alun masih dalam tahap renovasi, saat ini lokasi mangkalnya pindah sementara di kawasan lahan segitiga milik PT KAI di depan Hotel Kencana.

“Nanti kalau Alun-alun sudah selesai direnovasi, saya akan kembali mangkal lagi di Alun-alun, di tempat yang sudah disediakan. Tahun baru sepertinya sudah akan menempati lokasi baru,” tutur Bu Puji, pemilik WM. Sederhana Nasi Jagung Bu Puji, kepada saya.

Bu Puji menuturkan, ia mulai jualan nasi jagung sejak tahun 1999 atau sekitar 17 tahun yang lalu. Memilih jualan nasi jagung, mengingat ketika itu masih langka yang berjualan nasi jagung.

Lebih jauh Bu Puji menuturkan, warungnya sudah mempunyai banyak pelanggan. Tidak hanya orang Purwodadi saja, namun juga banyak pelanggannya yang datang dari luar kota seperti Pati, Kudus, Rembang, Blora dan Semarang. Bahkan pelanggannya juga banyak yang dari kalangan pejabat.

Di warung Bu Puji ini, Anda bisa menikmati seporsi nasi jagung dengan dilengkapi kondimen yang beraneka menggoda, meliputi sayur lompong yang seger dan gurih, gudangan yang sedap nan mantap, bothok dan rempeyek gereh yang aduhai, dan oseng lombok ijo yang pedes. Bila masih kurang, bisa ditambah sate ampela hati ayam dan sate keong yang selalu ada di warung ini. Minumnya, saya pilih teh poci yang segernya khas dan hangatnya terasa menjalar di sekujur tubuh.

Bila pingin sensasi yang beda, Anda bisa memesan nasi jagung goreng yang biasanya dilengkapi dengan irisan kol dan sebutir telur dadar.  WM. Sederhana Nasi Jagung Bu Puji buka mulai jam 5 sore, hingga jam 1 malam. Bila sedang ke Purwodadi di malam hari, bolehlah mencicipi kuliner ndeso namun menggoda ini. Monggo!*

–>Artikel dan semua foto yang diposting di blog ini ditulis dan diambil oleh saya, ©Kang Asti, untuk Jatengnyamleng.com. Dan terima kasih atas kerjasamanya untuk tidak menggunakannya tanpa izin. Jika ada yang ingin menggunakan artikel atau foto untuk tujuan komersial, silahkan menghubungi saya secara pribadi.

Komentar Facebook
No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *