Warung Soto Pojok, Memadukan Soto Santan dan Ayam Goreng




Warung ini tidak masuk ‘hitungan’ saya sebelumnya. Bahkan saya tak menyangka, ada kuliner pusaka yang telah eksis puluhan tahun, di kampung pelosok yang berbatasan dengan kabupaten lain, yakni Kabupaten Boyolali. Hingga sebuah informasi, saya peroleh dari teman di fesbuk. Warung Soto Pojok namanya. Beralamat di Kampung Pojok, Dusun Gadoh, RT 02 RW VIII, Desa Sendangharjo, Kecamatan Karangrayung, Grobogan.

Soto Pojok, memadukan soto santan dan ayam kampung goreng…
Ayam gorengnya guriiiihhh…

Menurut informasi yang saya peroleh dari teman fesbuk saya tersebut, konon warung ini telah eksis sejak zaman Belanda. Namun ketika saya mengonfirmasi ke pengelola warung, saya tidak memperoleh jawaban pasti. Yang pasti, warung ini dirintis pertama kali oleh Mbah Yoso. Kemudian setelah Mbah Yoso wafat pada tahun 1997, kemudi usaha diteruskan oleh cucunya yang bernama Parjiyem. Parjiyem mengelola warung bersama suaminya yang bernama Suparjo, sehingga warung ini kemudian dikenal dengan nama Warung Soto Pojok “Pak Jo”.



Krismon Inneke Halimah (18 tahun), putri Ibu Parjiyem atau buyut Mbah Yoso, yang saat ini ikut mengelola warung, menuturkan kepada saya bahwa ia dan ibunya tidak tahu pasti kapan simbah buyutnya merintis warung soto pojok.

“Yang jelas saat ibu saya masih kecil, Mbah Yoso sudah jualan soto, meski masih berupa warung tenda di pinggir jalan. Ibu saya lahir tahun 1980-an, sehingga kira-kira tahun 1970-an simbah buyut saya sudah jualan soto,” tutur Krismon kepada saya.

Warung ini spesial menyediakan soto. Tapi tidak seperti soto pada umumnya. Di dalam sotonya tidak ada suwiran daging ayam atau irisan daging sapi. Melainkan hanya nasi yang diberi berbagai sayuran seperti irisan kol, seledri, dan kecambah, lalu diberi kuah soto yang berasal dari kuah santan encer yang diberi bumbu. Soto santan, begitu biasanya soto ini disebut.

Terkenal dengan nama Warung Soto Pak Jo

Pak Mugiono, Kasi Trantib Kantor Kecamatan Penawangan, sedang menikmati soto di warung soto pojok…




Dari resep warisan, jadi jujugan pelanggan….

Sebagai proteinnya, soto santan disantap dengan daging ayam kampung goreng yang disediakan. Paduan ini memang unik. Baru pertama kali ini saya menjumpai soto dan daging yang disajikan terpisah. Namun, menurut saya, justru di sinilah letak sensasinya. Soto santan yang gurih dipadu dengan ayam kampung goreng yang juga gurih. Saat disantap terasa mantap. Benar-benar nyamleng di lidah. Menurut Krismon, memang begitulah resep warisan simbah buyutnya. “Kami nggak berani mengubahnya. Ayamnya pun kami selalu pilih ayam kampung,” tuturnya.

Tahun 2015 lalu, Pak Suparjo meninggal dunia. Warung sempat down karena banyak yang mengira setelah wafatnya Pak Suparjo tidak ada lagi generasi penerusnya. Kalaupun ada, mereka mengira cita rasa masakannya akan berbeda.  Namun, seiring waktu, kepercayaan pelanggan kepada warung ini normal kembali. Karena memang sejak kemudi warung beralih ke Pak Suparjo, namun yang bertugas memasak tetap Ibu Pajiyem sebagai pewaris resep dari pendiri warung, yakni Mbah Yoso.




Warung ini buka mulai jam 12.00 hingga lepas maghrib. Warung ini sudah punya banyak pelanggan. Meski lokasi warung ini ndelik alias tidak di pinggir jalan raya, namun tetap menjadi jujugan banyak orang. Seperti siang itu, saya bertemu dengan Pak Mugiyono, mantan Kepala Desa Jetis yang saat ini menjabat Kasi Trantib di Kantor Kecamatan Penawangan, yang sedang menikmati soto di warung ini.

Bila ingin singgah di warung ini, ance-ancer-nya adalah, dari pasar Gadoh (Sendangharjo) ke selatan sekira 1 kilometer, sebelum jembatan kiri jalan ada gang, masuk sekitar 150-an meter. Kiri jalan ada rumah yang bertuliskan “Warung Soto Pojok”. Di warung inilah para pelanggannya menyantap kuliner spesial soto santan yang dipadu dengan ayam kampung goreng yang guriihhhhh banget. Monggo mampir.* (Kang Asti, www.jatengnyamleng.com)

 

 

Komentar Facebook
Rating: 4.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *