Lezatnya Olahan Serba Jamur Tiram di Pondok Vegetarian Purwodadi




Jamur tiram sudah cukup familiar sebagai salah satu bahan pangan nabati yang bisa dikonsumsi. Ciri-ciri umum jamur ini, tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. Jamur tiram sudah banyak dibudidayakan. Media yang umum dipakai untuk membiakkan jamur tiram adalah serbuk gergaji kayu yang merupakan limbah dari penggergajian kayu.

Tongseng jamur tiram…

Garang asem jamur tiram….




Nasi bakar jamur tiram…

Berdasarkan penelitian, jamur tiram mengandung protein, air, kalori, karbohidrat, dan sisanya berupa serat zat besi, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Jamur tiram merupakan bahan makanan nabati bernutrisi dengan kandungan protein tinggi, kaya vitamin dan mineral, rendah karbohidrat, lemak, dan kalori. Kandungan itu menjadikan jamur tiram diyakini berkhasiat antitumor, menurunkan kolesterol, serta bertindak sebagai anti-oksidan.

Selain berkhasiat, ternyata jamur tiram juga bisa diolah menjadi aneka olahan kuliner yang uenak dan lezat. Di Purwodadi, ibukotanya Kabupaten Grobogan, terdapat sebuah warung makan yang spesial menyediakan olahan kuliner serba jamur tiram. Warung ini juga yang menjadi jujugan saya bila kangen menikmati olahan berbahan dasar jamur tiram.

Pondok Vegetarian nama warung itu. Alamatnya di Jl. Hayamwuruk, Purwodadi, atau kurang lebih 100 meter utara RS. Permata Bunda. Di pondok ini, kita akan dimanjakan berbagai menu yang semuanya berbahan jamur tiram. Ada sate, rica-rica, tongseng, orak-arik, garang asem, omelet, nugget, spageti, crispy, pepes, dan lain sebagainya.



Pondok Vegetarian berdiri sejak tahun 2012. Setahun pertama buka di dekat kantor KPUD Kabupaten Grobogan, kemudian pindah ke  Jl. Hayamwuruk hingga sekarang. Menurut pemilik Pondok Vegetarian, Ibu Wiwik, olahan jamur tiram dipilih karena di Purwodadi sudah banyak warung makan atau restoran yang menyediakan olahan dari ayam, daging sapi, ikan, dan semisalnya. Sehingga ia mencoba peluang lain dengan memperkenalkan jamur tiram—yang orang selama ini tahunya jamur tiram hanya bisa diolah dengan cara dioseng saja.

Pondok Vegetarian, Jl. Hayam Wuruk, Purwodadi…
Price list menu dan harga…
Favorit saya Sate jamur tiram…

“Kami mencoba menawarkan kreasi bermacam-macam  menu dari bahan jamur tiram, mulai dari sate, garang asem, rica-rica, tongseng, nasi bakar, pepes, nugget, crispy, orak-arik, dan lain-lain, yang dengan begitu kami berharap orang suka makan jamur yang ternyata enak  dan menyehatkan. Alhamdulillah, ternyata banyak peminatnya,” tutur Bu Wiwik kepada saya.



Dari sekian olahan itu, favorit saya di Pondok Vegetarian adalah sate jamur tiram. Ternyata, jamur tiram bisa dibuat sate dengan cita rasa yang tidak kalah lezat dengan sate daging ayam. Waktu pertama kali berkunjung ke Pondok Vegetarian, sekira dua tahun lalu, dan memesan seporsi sate jamur tiram, saya hampir tak percaya bahwa sate yang di hadapan saya dan sedang saya nikmati adalah sate jamur tiram. Itu karena cita rasanya yang mirip dengan sate ayam. Bahkan menurut saya, sate jamur tiram dengan bumbu kacangnya, menyuguhkan sensasi kelezatan yang beda yang membuat saya rindu untuk menikmatinya.

Kelezatan cita rasa itu berbanding terbalik dengan harganya cukup ramah di kocek. Seporsi sate jamur tiram misalnya, dihargai Rp 15 ribu. Nasi goreng jamur dipatok Rp 10 ribu. Spageti Rp 12 ribu. Omelet Rp 11 ribu. Adapun rica-rica, nasi bakar, tongseng, nugget, garang asem, dan orak-arik masing-masing dipatok Rp 5 ribu.

Pondok Vegetarian buka mulai jam 08.00 hingga jam 19.30 wib. Bagi yang ingin menikmati lezatnya kuliner berbahan jamur tiram, Pondok Vegetarian ini merupakan jujugan yang bisa dipilih. Monggo!* (Kang Asti, www.jatengnyamleng.com)

–>Update terbaru  yang saya dapatkan dari pemilik Pondok Vegetarian ini pada Minggu, 4 Maret 2018, bahwa Pondok Vegetarian sudah TUTUP karena sesuatu dan lain hal.

Komentar Facebook
No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *