Serunya Berwisata Keluarga di Taman Wisata Kopeng Semarang

Taman Wisata Kopeng dikenal sebagai salah satu objek wisata di Kota Salatiga, meski sebenarnya objek wisata ini terletak di wilayah administratif Kabupaten Semarang, tepatnya di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan. Maklum, wisata ini memang lebih dekat dengan Kota Salatiga atau sekitar 14 km dari Kota Salatiga.





Taman Wisata Kopeng berada di kaki Gunung Merbabu, sehingga hawa sejuk sangat terasa begitu memasuki daerah ini. Weekend kemarin, Sabtu (28/1/2017) alias hari libur Tahun Baru Imlek 2568 Kongzili, alhamdulillah, saya berkesempatan bersama keluarga besar untuk rekreasi ke taman wisata ini. Meski ada beberapa pilihan objek wisata di Kopeng, antara lain ke Umbul Songo dan Agrowisata Kopeng, namun kami memilih langsung menuju Taman Wisata Kopeng. Karena objek wisata ini lebih cocok untuk rombongan kami yang didominasi anak-anak.

Sebagaimana wisata keluarga lainnya, di area objek wisata ini ada berbagai fasilitas yang disediakan oleh pengelola. Meliputi Waterpark, Outbound Centre, Gardening 4,17 hektar, Playground, ATV, Family resort, Hall, VIP family karaoke, Fun Bilyard, Kaos corner, Resto, dan Coffe Shop. Dengan berbagai fasilitas yang tersedia, ditambah dengan suasana sejuk khas pegunungan, menjadikan Taman Wisata Kopeng menjadi tujuan wisata yang menyenangkan. Tiket masuk ke Taman Wisata Kopeng Rp 15 ribu per orang.

Makan bersama bekal dari rumah di salah satu sudut taman…

Anak-anak dan keponakan berpose bersama…




Hari itu, objek wisata Taman Wisata Kopeng cukup ramai. Maklum, hari libur. Begitu memasuki objek wisata, areal parkir sudah dipenuhi oleh mobil pengunjung. Setelah mendapatkan parkir, kami semua turun dan segera mencari tempat untuk lesehan makan siang. Kami memang tiba di lokasi sekira jam 13.00, sehingga perut kami semua sudah keroncongan. Begitu mendapatkan lokasi yang nyaman, kami segera menyerbu bekal makan yang kami bawa dari rumah. Beginilah serunya bila wisata dengan keluarga besar. Sungguh asyik dan menyenangkan.

Naik ATV dan Berkuda

Ketika kami masih asyik makan, gerimis kecil turun. Sempat panik juga sih, karena bila hujan turun, maka otomatis acara senang-senang akan terganggu hehe…Alhamdulillah, rintik-rintik kecil hanya sebentar. Gerimis segera reda. Namun, gerimis itu, yang menjadikan suasana makin dingin, menciutkan nyali anak-anak dan keponakan kami untuk bermain di Waterpark. Akhirnya, anak saya dan keponakan, memilih uji nyali naik ATV dengan medan yang cukup menantang. Tiket naik ATV Rp 20 ribu per tiket untuk dua kali putaran.

Anak saya, Bina; dan keponakan saya, Ilham, yang menjajal kebolehannya mengendarai ATV. Medan yang berkelok dan naik turun cukup terjal, menjadikan nyali mereka awalnya agak ciut. Namun akhirnya mereka berani mengendarai ATV dan sukses berkeliling medan dua kali putaran, meski dengan perjuangan yang cukup melelahkan.

Naik ATV…

Didampingi dulu…




Setelah shalat dhuhur (yang kami jama’ dengan shalat Ashar) di mushalla yang berada di kompleks objek wisata, kami melanjutkan menikmati objek dengan foto-foto di taman yang disediakan oleh pengelola. Sementara anak-anak main ayunan, kami foto-foto di sebuah sudut dengan view atau background panorama pegunungan yang eksotis. Setelah itu, ini yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak sejak tadi, yakni naik kuda. Kami memboking setidaknya empat ekor kuda yang kami naiki masing-masing 2 anak setiap kudanya. Tiket per kuda Rp 30 ribu.

Main ayunan…
Berpose di sudut Kopeng in Love…

Berpose dengan latar belakang panorama pegunungan yang eksotis…




Berkuda dengan anak bungsu…

Berpose dulu sebelum jalan…

Sementara mereka masih asyik naik kuda, saya memilih nyempal dari rombongan untuk misi pribadi. Apalagi kalau bukan misi kuliner hehehe….selengkapnya simak ya keseruan saya menikmati kuliner di Taman Wisata Kopeng di tulisan selanjutnya.* [bersambung] (Kang Asti)

Baca artikel selanjutnya: Menikmati Lezatnya Sate Kelinci dan Hangatnya Wedang Ronde di Taman Wisata Kopeng

Komentar Facebook
No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *