Menikmati Olahan Serba Kedelai dan Tempe Higyena Khas Grobogan di Soybean Resto

Kabupaten Grobogan dikenal sebagai produsen kedelai varietas unggul dengan reputasi nasional, bahkan internasional. Salah satu sentra produksi kedelai varietas unggul itu ada di Rumah Kedelai Grobogan (RKG), yang juga mengolah kedelai itu menjadi tempe higyena. Tempe higyena adalah tempe berkualitas yang seluruh proses pembuatannya dilakukan secara higienis.

Soybean Resto and Garden

Bila Anda ingin membeli tempe higyena, Anda bisa membelinya di RKG. Namun bila Anda ingin menikmati olahan serba kedelai atau serba tempe higyena, Anda bisa menikmatinya di Soybean Resto yang berada satu kompleks dengan RKG, yakni di Jl. Purwodadi-Solo KM 5, Krangganharjo, Kecamatan Toroh.

Saat mendampingi siswa-siswi KBIT-RAIT Ilma Nafia Godong yang saya kelola berkunjung ke RKG, pada Selasa-Rabu (14-15/2/2017) tempo hari, saya menyempatkan mampir ke Soybean Resto. Suasana resto ini asyik dan nyaman. Selain ada ruang utama, di luar ada beberapa gazebo yang dipadu dengan taman dan area bermain anak. Sehingga resto ini sangat cocok sebagai jujugan wisata kuliner bersama keluarga, teman, atau relasi bisnis.

Menu yang ditawarkan Soybean Resto memang macam-macam, ada serba ikan seperti nila, gurame, dan lele; juga ada serba daging seperti ayam, bebek, dan daging sapi. Olahannya juga variatif, seperti bakar, goreng,  bistik, rica-rica, dan sebagainya.

Ada juga nasi goreng dan mi dengan berbagai kreasinya. Ada pula cemilan seperti pisang goreng, roti bakar, kentang goreng, jamur krispi, dan lain sebagainya. Serba sop dan sayur juga ada, seperti sup ayam, sup jagung dan jamur, sayur asem, cha kangkung, cha tauge, dan lain-lain.

Chef Soybean Resto sedang memanggang sate tempe..
Sate tempe ala Soybean Resto…
Kelapa Soyo, paduan kelapa muda dan susu kedelai…
Kombinasi yang keren dan enak banget…

Namun bagi saya, yang spesial dan jarang ada di resto lain, adalah olahan serba kedelai dan tempe higyena yang so pasti khas Grobogan, yang ditawarkan resto ini. Menurut pengelola Soybean Resto, Mbak Susi, pihaknya memang diberi keleluasaan untuk berkreasi menu dari kedelai dan tempe higyena.

Setidaknya ada 15 olahan kedelai dan tempe higyena yang bisa dicoba di Soybean Resto, yakni: soya cincau, cendol cincau, kelapa soya, wedang tahu, pudding soya, pudding tahu, nugget tempe, sate tempe, bakso tempe, burger tempe, sup tempe, steak tempe, tempe krispi, tempe mendoan, dan tempe sandwich.

Dari sekian olahan itu, mata penasaran saya tertuju pada kelapa soya untuk minuman; dan karena saya suka sate, maka untuk makannya, saya coba sate tempe. Pingin sih nyoba yang lain, tapi saat itu perut belum terasa lapar, sehingga nafsu makan tidak sedang tinggi-tingginya. Sebagai test case, cukuplah dua menu itu.

Nyaman dan santai..
Asyik dan gayeng…
Bagi yang ingin oleh-oleh khas Grobogan
Recommended!

Pilihan saya tidak salah. Kelapa soya adalah paduan istimewa yang menurut saya keren banget. Susu kedelai dari kedelai varietas unggul produksi Grobogan dipadu dengan kelapa muda, hemmm rasanya sudah bisa ditebak: enak bingit. Saya pilih hangat, ternyata bikin kemringet. Wah, mantap. Recommended deh!

Untuk sate tempenya, bagi saya tidak terlalu istimewa, kurang nendang di lidah. Dengan bumbu kecap, cita rasa tempe belum dieksplore menjadi sebuah menu sate yang istimewa. Tantangan saya untuk pengelola adalah membuat cita rasa tempe menjadi seperti serasa daging hehe…seperti saat saya menikmati sate jamur tiram yang saat menyantapnya serasa saya sedang menikmati sate ayam berbumbu sambal kacang, bahkan sensasi rasanya menurut saya lebih hebat di lidah…

Bila Anda tidak suka sate, Anda bisa mencoba kreasi tempe lainnya di resto ini, seperti bakso, burger, atau sup tempe, atau yang lainnya…

Btw, Soybean Resto saya rekomendasikan untuk Anda, sebagai salah satu jujugan wisata kuliner dengan suasana garden yang nyaman dan santai. Bisa bersama keluarga, teman, atau relasi binis Anda. Apalagi di samping ruang utama resto dilengkapi ruang promotion centre yang menyediakan oleh-oleh khas Grobogan, yakni camilan dan batik produksi UMKM lokal Grobogan. Sumonggo!*  (Kang Asti, www.jatengnyamleng.com)

Komentar Facebook
No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *