10 Kuliner Enak dan Legendaris di Grobogan

Sate Sapi Pak Beng Gubug Khas Grobogan

Kuliner khas Grobogan cukup banyak. Dan tak hanya kaya kuliner tradisional yang khas, bahkan sebagiannya begitu ikonik seperti swike, Kabupaten Grobogan di Jawa Tengah juga kaya kuliner enak yang kelezatannya melegenda.

Baca juga: 9 Kuliner Khas Grobogan yang Enak dan Bikin Klangenan

Kuliner atau makanan enak nan legendaris itu menyebar di berbagai warung dan rumah makan yang hingga kini masih menjadi jujugan para pelanggannya sejak dulu hingga kini. Berikut ini 10 kuliner terenak dan legendaris di Grobogan yang musti Anda coba:

1. Bakmi Mbah Nggolo

Bakmi Jawa Mbah Nggolo sudah eksis sejak tahun 1967. Saat ini WM. Mbah Nggolo sudah memasuki generasi ketiga dan masih mempertahankan cita rasa bakminya yang lezat, tentu dari resep asli warisan Mbah Nggolo, sehingga selalu membuat kangen pelanggannya.

Ada dua pilihan bakmi jawa di WM. Mbah Nggolo, yakni versi goreng dan godhog (rebus) alias berkuah. Semuanya mempunyai sensasi rasa tersendiri yang enak dan nyamleng di lidah.

WM. Mbah Nggolo beralamat di kompleks bekas stasiun Wirosari atau perempatan Wirosari ke timur, utara jalan. Baca selengkapnya Bakmi Mbah Nggolo Wirosari, Enaknya Melegenda, Sejak tahun 1967.

2. Gule Kambing Mbah Rono

Gule Kambing Mbah Rono termasuk kuliner legendaris dan bertahan hingga kini, sejak dirintis sekira tahun 1950-an. WM. Mbah Rono spesial menyediakan kuliner gule kambing dan kini memasuki generasi ketiga.

Hingga kini pengelola masih mempertahankan resep asli warisan dari Mbah Rono sebagai pendirinya. Rasa gule kambingnya enak, gurihnya terasa dan lembut di lidah. Daging kambingnya tidak berbau prengus.

Warung Gule Kambing Mbah Rono beralamat di Jl. Pangeran Puger, selatan Polsek Grobogan. Baca selengkapnya Lezatnya Gule Kambing Mbah Rono, Bertahan Sejak tahun 1950-an

3. Ayam Bakar dan Goreng Noroyono

Eksis sejak tahun 1989 dan didirikan oleh Pak Jamin alias “Mr. J”, RM. Noroyono dengan hidangan spesial ayam bakar dan ayam goreng, menjadi begitu ikonik di Kabupaten Grobogan. WM. Noroyono yang berpusat di Jl. R. Soeprapto, Purwodadi (utara simpanglima) bahkan kini telah membuka cabang di beberapa tempat, yakni di Purwodadi sendiri, kemudian di Wirosari dan Tinanding (Godong).

Ayam bakar dan ayam goreng Noroyono memang memiliki cita rasa lezat. Bumbunya meresap dan sambal terasi yang menjadi andalannya juga enak. Hal itu yang menjadikan ayam bakar dan ayam goreng Noroyono tetap menjadi jujugan pelanggannya.

4. Ayam Bakar Mbak Nik

Meski tidak setenar Ayam Bakar Noroyono, namun Ayam Bakar Mbak Nik termasuk pemain lama di dunia kuliner ayam bakar dan cukup melegenda. Cita rasa ayam bakarnya juga enak dan lezat dengan sambalnya yang tak kalah sedap.

Ayam Bakar Mbak Nik beralamat di Jl. Raya Godong-Purwodadi, Klampok, Godong.

5. Ikan Bakar Suka Rasa Resto

Suka Rasa Resto didirikan oleh HM. Toha Karim Amrullah, seorang pengusaha kuliner yang juga aktif diberbagai kegiatan sosial. Resto ini boleh dibilang merupakan pelopor kuliner ikan bakar yang cukup terkenal di Kabupaten Grobogan. Ikan bakar di Suka Rasa Resto diolah dari ikan segar dengan komplemen sambal terasi yang enak dan mak nyus.

Suka Rasa Resto beralamat di Jl. Raya Purwodadi-Solo KM 3 Purwodadi.

6. Asem-Asem RM. Langsung

Banyak warung atau rumah makan di Purwodadi yang menyediakan kuliner asem-asem daging (biasa disebut dengan asem-asem saja). Namun salah satu rumah makan yang menyediakan menu asem-asem yang cukup istimewa dan rasanya memang mak nyus adalah RM Langsung yang beralamat di kompleks Pondok Makan Mandiri, Jl. S. Parman, Purwodadi.

RM Langsung sudah eksis sejak tahun 1950. RM Langsung pernah mengalami masa kejayaannya pada tahun 1980-an. Cita rasa asem-asemnya memang khas dan nikmat. Sehingga menjadikan rumah makan ini mempunyai pelanggan-pelanggan yang setia, hingga kini.

7. Sate Sapi Pak Beng

Sate sapi Pak Beng sudah moncer kelezatannya. Resep satenya sudah turun-temurun sejak tahun 1939. Kelezatan cita rasa satenya tidak perlu diragukan lagi. Dagingnya empuk, gurih dan legit, serta aroma bakarannya berpadu membuahkan rasa yang lezat dan nyamleng saat dinikmati.

Ada dua pilihan sambal sebagai pelengkap makan sate sapi di warung Pak Beng, yakni sambal kecap dan sambal kacang. Tinggal pilih sesuai selera. Lokasi warung Pak Beng mudah ditemukan. Yakni di pertigaan bundaran Gubug, di deretan warung pinggir jalan raya menuju ke arah Purwodadi.

Baca selengkapnya Lezatnya Sate Sapi Pak Beng, Dari Resep Turun-Temurun Sejak tahun 1939

8. Nasi Rames Daging Sapi Pak Pangat

Nasi Rames Daging Sapi yang enak dan legendaris bisa dijumpai di Warung Pak Pangat Gubug. Warung sederhana ini ramai di jam-jam makan, terutama saat sarapan dan makan siang. Menu andalannya tak lain adalah Nasi Rames Daging Sapi.

Lokasi Warung Pak Pangat ada di seberang Klenteng Gubug.

9. Soto Pojok

Konon Soto Pojok di Warung Soto “Pak Jo” sudah eksis sejak zaman Belanda. Tapi tidak seperti soto pada umumnya. Di dalam sotonya tidak ada suwiran daging ayam atau irisan daging sapi. Melainkan hanya nasi yang diberi berbagai sayuran seperti irisan kol, seledri, dan kecambah, lalu diberi kuah soto yang berasal dari kuah santan encer yang diberi bumbu. Soto santan, begitu biasanya soto ini disebut.

Soto Pojok Khas Grobogan

Sebagai proteinnya, soto santan disantap dengan daging ayam kampung goreng yang disediakan. Paduan ini memang unik di mana soto dan daging disajikan terpisah. Namun, justru di sinilah letak sensasinya. Soto santan yang gurih dipadu dengan ayam kampung goreng yang juga gurih. Saat disantap terasa mantap.

Dinamakan Soto Pojok karena warung yang menjualnya beralamat di Kampung Pojok, lengkapnya di Kampung Pojok, Dusun Gadoh, RT 02 RW VIII, Desa Sendangharjo, Kecamatan Karangrayung. Baca selengkapnya Warung Soto Pojok, Memadukan Soto Santan dan Ayam Goreng

10. Sate Kambing Mbah To

Sate Kambing Mbah To termasuk kuliner legendaris yang sudah lama eksis. Tidak tahu kapan persisnya Mbah To mulai berjualan sate (dan juga gule) kambing. Namun menurut Mbak Yanti, anak Mbah To yang meneruskan usaha kulinernya, sekira tahun 1990-an dirinya sudah membantu ayahnya jualan sate dan gule kambing. Hingga ayahnya itu meninggal dunia tahun 2003, usaha kuliner sate dan gule kambing itu diteruskan olehnya hingga kini.

Citarasa sate kambing Mbah To memang terkenal mak nyus. Bumbunya meresap nikmat. Bagi yang suka pedas, cita rasa pedasnya bikin lidah mendesis-desis karena kepedasan dan tentu juga keenakan hehe….

Sate kambing Mbah To bisa dijumpai di Dusun Sarip, Desa Karangasem, Kecamatan Wirosari, atau kurang lebih 10 kilometer arah utara dari perempatan Wirosari.

Demikian 10 kuliner enak dan legendaris di Grobogan yang layak Anda coba. Semoga menambah informasi dan referensi Anda terkait informasi jujugan wisata kuliner Jawa Tengah, terutama di Kabupaten Grobogan.* (Kang Asti, www.jatengnyamleng.com)

Komentar Facebook
Rating: 4.0. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *