9 Oleh-oleh Khas Grobogan yang Enak dan Paling Populer

Emping jagung salah satu oleh-oleh khas Grobogan

Seorang teman pernah bertanya kepada saya, “Saya mau membawakan oleh-oleh khas Grobogan untuk teman saya, apa ya? Dan belinya di mana?” Pertanyaan serupa sering dilontarkan kepada saya.

Pertanyaan tersebut menunjukkan bahwa setiap daerah memang memiliki oleh-oleh khas yang menjadi identitas dan kebanggaan masing-masing. Tak terkecuali Kabupaten Grobogan yang beribukota di Purwodadi.

Oleh-oleh khas itu dibutuhkan sebagai buah tangan saat berkunjung ke handai tolan di luar daerah, atau sebaliknya bagi orang luar daerah yang berkunjung ke suatu daerah sebagai buah tangan saat kembali ke tempat asalnya.

Oleh-oleh khas Grobogan atau oleh-oleh khas Purwodadi memiliki banyak ragamnya. Sebagian besar merupakan olahan dari produk lokal seperti jagung dan kedelai. Berikut ini 9 oleh-oleh khas Grobogan yang menurut saya paling populer dan ikonik di Kabupaten Grobogan, sebagai berikut:

1. Emping Jagung

Kabupaten Grobogan dikenal sebagai produsen jagung terbesar skala nasional. Karena itu tak aneh bila produk olahan jagung mudah ditemukan sebagai penganan atau oleh-oleh khas di daerah ini. Salah satunya adalah emping jagung.

Emping Jagung

Emping jagung merupakan makanan ringan tradisional yang terbuat dari jagung yang ditumbuk, dibuat seperti kerupuk. Rasanya ada yang dibuat gurih, ada yang dibuat manis, bahkan dalam perkembangannya dibuat aneka rasa.

Baca juga:
2. Marning Jagung

Selain emping jagung, olahan dari jagung lainnya yang populer sebagai oleh-oleh khas Grobogan adalah marning jagung. Marning jagung merupakan penganan kreasi dari bahan jagung. Penganan tradisional ini mudah dibuat dan memiliki cita rasa yang enak, gurih, dan renyah. Tak heran jika marning jagung menjadi salah satu cemilan favorit masyarakat.

Marning Jagung

Sentra olahan jagung, baik emping jagung dan marning jagung, yang paling terkenal di Kabupaten Grobogan ada di Dusun Jatitengah, Desa Tamnbakselo, Kecamatan Wirosari. Dari dusun ini, produk olehan khas emping jagung dan marning jagung terdistribusi baik ke wilayah Grobogan sendiri maupun ke luar wilayah Kabupaten Grobogan.

Oleh-oleh khas Grobogan baik emping atau marning jagung ini mudah dijumpai di mini market maupun super market serta di sejumlah pusat oleh-oleh khas Purwodadi di hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Grobogan.

3. Nasi Jagung Instan

Olahan jagung lainnya yang populer sebagai oleh-oleh khas Grobogan adalah nasi jagung instan. Dengan nasi jagung instan, kita tak perlu susah payah membuat nasi jagung yang umumnya melalui proses yang meletihkan. Tinggal sedu dan kukus, nasi jagung pun siap dihidangkan dan dinikmati.

Nasi Jagung Instan

Warga Grobogan yang sedang di perantauan umumnya membawa oleh-oleh khas ini sebagai penawar kangen dengan nasi jagung Grobogan. Nasi jagung instan mudah dijumpai di supermarket atau pusat oleh-oleh khas Grobogan.

4. Tempe Higyena

Selain produsen jagung, Kabupaten Grobogan dikenal sebagai produsen kedelai varietas unggul dengan reputasi nasional, bahkan internasional. Salah satu sentra produksi kedelai varietas unggul itu ada di Rumah Kedelai Grobogan (RKG), yang juga mengolah kedelai itu menjadi tempe higyena. Tempe higyena adalah tempe berkualitas yang seluruh proses pembuatannya dilakukan secara higienis.

Seorang murid TK membawa tempe higyena di Rumah Kedelai Grobogan (RKG)

Saat ini tempe higyena menjadi salah satu buah tangan atau oleh-oleh khas Purwodadi yang layak untuk menjadi pilihan. Tempe higyena ini bisa diperoleh di Rumah Kedelai Grobogan (RKG) Jl. Purwodadi-Solo KM 5, Krangganharjo, Kecamatan Toroh atau dari arah simpanglima Purwodadi menuju ke arah selatan alias ke arah Solo.

5. Kue Semprong

Oleh-oleh khas Grobogan lainnya yang unik dan lezat adalah kue semprong. Kue ini memiliki bentuk bulat panjang yang berlubang di bagian dalamnya. Rasanya yang renyah dan manis serta gurih membuat kue ini memiliki cita rasa yang spesial.

Kue semprong merk Ganeca

Beberapa sentra produksi kue semprong ada di Wirosari. Selain merk PDS, kue semprong Wirosari yang cukup populer dan boleh jadi yang pertama kalinya di Wirosari adalah kue semprong merk “Ganeca” yang beralamat di Jl. Jambu No. 12 Wirosari.

Kue semprong sebagai oleh-oleh khas Grobogan bisa dijumpai di super market maupun pusat oleh-oleh khas Grobogan.

6. Telur Asin Bakar Garam Pletuk
Telur asin bakar garam peltuk Bledug Kuwu

Kalau Kabupaten Brebes indentik dengan telur asinnya, Kabupaten Grobogan tak mau kalah. Telur asin khas Grobogan ini diramu dari garam pletuk dari produksi garam di area objek wisata Bledug Kuwu. Telur asin ini biasanya dijual eceran maupun dalam satu paket berisi 6 butir telur asin bakar.

Oleh-oleh khas Grobogan telur asin bakar garam pletuk dapat dibeli di beberapa swalayan di Kabupaten Grobogan.

7. Sirup

Oleh-oleh khas Grobogan juga ada dalam bentuk sirup. Sirup paling terkenal sebagai buah tangan khas Grobogan adalah sirup merk Kartika. Sirup ini diproduksi oleh PT. Kartika Polaswati Mahardhika yang beralamat di Gubug.

Sirup Kartika

Sirup ini bisa diperoleh di toko-toko yang menjual kebutuhan rumah tangga di seluruh wilayah Kabupaten Grobogan. Juga hampir di seluruh super market di wilayah Kabupaten Grobogan. Ada pilihan rasa yang bisa dipilih, yakni Frambozen, Jeruk Keprok, Ice Cream Soda, Coffe Mocca, Strawberry, Rozen, Lychee, Sirsat, dan Vanila.

Selain sirup Kartika, ada juga sirup merk Jaya. Sirup ini merupakan produksi rumahan yang beralamat di Desa Bugel, Kecamatan Godong. Karena produksi rumahan (home industry), jangkauan pemasaran sirup Jaya tidak seluas sirup Kartika. Hanya di wilayah Godong dan sekitarnya. Permintaan sirup Jaya meningkat bila memasuki bukan Ramadhan dan Idul Fitri.

8. Kecap

Oleh-oleh khas Grobogan lainnya yang cukup populer adalah kecap. Salah satunya yang paling terkenal adalah kecap cap Udang. Kecap dengan rasa khas manis dan gurih ini selain digunakan warga Grobogan sendiri sebagai bahan pelengkap masakan, juga acap dijadikan oleh-oleh warga luar Grobogan yang berkunjung ke Grobogan atau warga asal Grobogan yang bertempat tinggal di luar Grobogan.

Kecap cap Udang

Kecap ini diproduksi oleh Ny. Oei Hok Hoo yang beralamat Jl. Siswa 12 Purwodadi. Kecap ini bisa diperoleh di toko-toko yang menjual oleh-oleh khas Purwodadi atau di toko-toko yang menjual kebutuhan rumah tangga di hampir seluruh wilayah Grobogan.

Selain kecap cap udang, juga ada kecap merk Kuda Terbang yang diproduksinya berada di Wirosari, sehingga jangkauan pemasarannya juga di Kecamatan Wirosari dan sekitarnya.

9. Yangko Godong

Yangko yang banyak dikenal adalah penganan khas Yogyakarta. Tapi di Kabupaten Grobogan, juga ada Yangko yang merupakan penganan khas dari Godong. Sebagaimana yangko khas Yogyakarta, yangko khas Godong juga terbuat dari tepung ketan, namun dibentuk lonjoran, dibaluri tepung terigu, dan di tengahnya berisi campuran cincangan kacang dan gula. Lalu dihidangkan dengan dipotong-potong. Bentuknya lebih menyerupai jadah, namun teksturnya lebih lembut.

Yangko khas Godong

Sayangnya, yangko khas Godong belum ada yang jual. Untuk mendapatkannya, biasanya harus terlebih dulu pesan ke tempat-tempat katering yang biasa menerima pesanan snack di Desa Bugel dan Desa Godong. Yangko cocok sebagai oleh-oleh untuk keluarga, kerabat, handai tolan, kolega dan relasi. Pemesanan yangko khas Godong bisa hubungi via sms/wa: 081347014686.

Masih banyak sebenarnya oleh-oleh khas Grobogan, seperti rasteja, sale pisang, kerupuk jagung, dan lain-lain. Namun 9 oleh-oleh khas Purwodadi atau oleh-oleh khas Grobogan di atas yang saya anggap paling representatif sebagai oleh-oleh khas dan sekaligus paling  populer. Semoga menambah referensi Anda saat berkunjung ke Kabupaten Grobogan.* (Kang Asti, www.jatengnyamleng.com)

Komentar Facebook
No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *