10 Oleh-oleh Khas Purwodadi Produksi Mentari Snack Karangrayung, Grobogan




Owner Mentari Snack, Isnaini Nurnaningsih, dalam sebuah acara bazar produk UMKM.

Di Kabupaten Grobogan terdapat ratusan bahkan ribuan Usaha Mikro Kecil Menengah atau yang biasa disingkat dengan UMKM. Salah satunya adalah Mentari Snack yang beralamat di Jl. Kauman, RT 03 RW 04, Dusun Mojo, Desa Mojoagung, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Berawal dari hobi memasak, pada tahun 1998, saat masih lajang, Isnaini Nurnaningsih—owner Mentari Snack—merintis usaha katering. Dengan mengusung bendera Mentari Catering, Naning—begitu ia biasa disapa—melayani jasa katering untuk acara rapat, pesta pernikahan, khitanan, dan sebagainya.

Setelah menikah pada tahun 2002, usaha kateringnya menjadi semakin ditekuni dan merambah pada produksi kue kering, seperti ceriping pisang, ceriping singkong, dan kacang telor.

Puncaknya pada tahun 2014, dengan mengusung brand baru yakni Mentari Snack, Naning dengan dibantu suaminya, Rukhan, semakin intensif menggeluti bisnis cemilan atau makanan ringan. Tidak hanya melakukan diversifikasi produk, tapi juga memperbaiki kemasan dan memperluas jaringan pemasaran. Bahkan pada tahun 2015, produknya mendapatkan sertifikasi halal dari LPPOM MUI.



Ada setidaknya sepuluh jenis oleh-oleh yang diproduksi Mentari Snack, yakni: keciput wijen, jamur tiram crispy, unthuk yuyu, akar kelapa, kembang goyang saroja, onde-onde ketawa original, onde-onde ketawa hitam, onde-onde cepluzzz, kering tempe crispy, dan keripik tempe. Berikut ini penampakan produk-produk Mentari Snack:

Keciput Wijen
Jamur Tiram Crispy
Unthuk Yuyu
Akar Kelapa
Kembang Goyang Saroja
Onde-onde Ketawa Original
Onde-onde Ketawa Hitam
Onde-onde Cepluzzz

“Di antara produk-produk itu, yang paling best seller dan  paling banyak dicari konsumen adalah keciput wijen dan jamur tiram crispy,” tutur Naning didampingi suaminya, Rukhan.

Adapun pemasaran, selain dapat ditemui di seluruh pusat oleh-oleh di Kabupaten Grobogan dan beberapa super market, juga sudah merambah ke pusat oleh-oleh di Semarang dan Solo. “Bahkan juga ada permintaan produk dari pusat oleh-oleh di Bali,” tutur Naning.



Saat ini, produk-produk Mentari Snack di antaranya bisa didapatkan di beberapa pusat oleh-oleh sebagai berikut:

  1. PurwodadiToko Roti DEWI, Toko VIVA, Toko MEGARIA, RM. Noroyono Soto & Bu Latifah, serta Danau Resto & Master Park
  2. Godong: KPRI “BANGUN”
  3. Karangrayung: Toko SURYA, Toko MAPAN (Karangjati)
  4. Semarang: Toko Pusat Oleh-oleh BANDENG JUWANA (khusus Jamur Crispy)
  5. Surakarta: Toko Roti GANEPS, Toko Roti KREZZZ, Toko COKRO, Toko ELANGGA JAYA.

Bisa juga order langsung ke: Pusat Produksi MENTARI Snack, Dusun Mojo, RT  03 RW 04, Desa Mojoagung, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. HP/WA: 082225275438 (Isnaini Nurnaningsih), 082134513333 (Rukhan).

Dalam proses produksi, Naning menyatakan, pihaknya selalu memperhatikan kebersihan dan kualitas cita rasa. Sehingga dengan begitu, ia berharap, produksinya senantiasa dinanti-nantikan oleh para pelanggannya.* (Kang Asti, www.jatengnyamleng.com)

Komentar Facebook
No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *