Ayam Goreng dan Ayam Bakar Noroyono Purwodadi, Lezat dan Ikonik, Sejak Tahun 1989




Menyebut kuliner Purwodadi, tak afdhol bila tak menyebut nama Noroyono. Ya, Noroyono adalah nama sebuah rumah makan di Purwodadi, Kabupaten Grobogan, yang telah melekat dan ikonik. Sajian spesialnya adalah ayam goreng dan ayam bakar yang lezat, dipadu dengan sambal terasi yang ueenak tenan dan pedas.

Adalah Pak Jamin Basuki, atau yang akrab disapa Pak Jamin atau “Mr. J”, sang pemilik serta pendiri rumah makan ikonik ini. Pak Jamin merintis Noroyono sejak tahun 1989 dan merintisnya benar-benar dari nol.

Sebelum sukses dengan sajian ayam goreng dan ayam bakar Noroyono, jatuh bangun merintis usaha di bidang kuliner pernah dilaluinya. Awalnya mencoba jualan rujak dan es buah, lalu berganti jualan pecel lele, hingga akhirnya beralih jualan ayam goreng dan ayam bakar—yang mengantarnya sukses hingga kini.

Tahun pertama merintis Noroyono, ia masih berjualan di pinggiran jalan dengan menggunakan tenda di seberang SMAN 1 Purwodadi. Awalnya agak malu-malu, karena ia juga salah seorang pengajar di SMA paling favorit di Purwodadi itu. Namun seiring dengan waktu, akhinya terbiasa juga.

RM. Noroyono Cabang Wirosari
Pak Jamin dengan istrinya, sosok di Balik “Noroyono”

Baca juga:

Kelezatan citarasa ayam goreng dan ayam bakar racikannya memikat banyak orang. Sehingga secara perlahan namun pasti, warung Noroyono yang diritisnya memiliki banyak pelanggan. Warung tendanya sering tidak muat menampung para pelanggan yang ingin menikmati ayam goreng dan ayam bakarnya. Dari situlah, guru fisika SMA N 1 Purwodadi yang alumnus UNS Solo itu, mulai berpikir untuk mencari tempat yang lebih luas sebagai pusat jualannya.



Saat ini, Rumah Makan Noroyono  yang terletak di Jl. R. Soeprapto 132 Purwodadi atau utara simpang lima Purwodadi, menjadi jujugan penggemar ayam goreng dan ayam bakar, yang datang tidak hanya dari lokal Purwodadi, tapi juga dari luar Purwodadi. Bahkan saat ini, Noroyono telah membuka cabang, yakni di Gubug dan di Wirosari.

Ikan Nila Bakar Noroyono
Ayam Bakar Noroyono

Kekuatan Noroyono memang terletak pada kelezatan ayam goreng dan ayam bakarnya. Bumbunya meresap—gurih dan legit dengan proporsi yang tepat—sehingga nikmat saat disantap. Dipadu dengan sambel terasi yang juga enak dan pedas, membuat sajian ayam goreng dan ayam bakar Noroyono tetap istimewa—meski saat ini banyak bermunculan rumah makan yang menawarkan menu serupa.

Bagi yang tidak menyukai menu dari ayam, Noroyono juga menyediakan menu dari komponen lain, seperti dari olahan bebek (bebek luluran) dan ikan (gurame dan nila, bakar dan goreng).

Bila berkunjung ke Purwodadi, bolehlah mencicipi sajian lezat ayam goreng dan ayam bakar Noroyono, dan rasakan kelezatannya!* (Kang Asti, www.jatengnyamleng.com)


Komentar Facebook
No votes yet.
Please wait...

1 Komentar

  1. Hanhan Balas

    Harganya berapa paket makannya?

    Rating: 2.7/5. From 3 votes.
    Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *