Taman Margasatwa Semarang, Wisata Edukasi Satwa Recommended untuk Keluarga

Berpose di depan pintu masuk Taman Margasatwa Semarang


Kalau di Yogyakarta ada Gembira Loka Zoo dan di Solo ada Taman Satwa Taru Jurug, maka di Semarang ada Taman Margasatwa Semarang atau biasa disebut juga dengan Kebun Binatang Mangkang. Disebut Kebun Binatang Mangkang karena letak kebun binatang ini memang di daerah Mangkang, tepatnya di Jalan Walisongo KM 16, seberang Terminal Mangkang Semarang atau sekitar 16 km dari Simpang Lima Semarang.

Pada liburan akhir tahun kemarin (24/12/2017), saya bersama keluarga berkesempatan kembali berkunjung ke kebun binatang Mangkang. Ini bukan kunjungan pertama kami, karena sebelumnya sekira tahun 2012, kami sekeluarga juga pernah berkunjung ke sini.

Saya dan anak ragil saya, Hanum Tazkia, saat naik gajah pada kunjungan tahun 2012 lalu
Anak kedua saya, Mumtaz Mahal, saat menjajal flying fox di Taman Margasatwa Semarang pada kunjungan tahun 2012 lalu

Kami masih menyimpan foto-foto saat kami berkunjung pertama kali kebun binatang Mangkang. Ada foto anak ragil kami, Hanum Tazkia, yang masih imut, baru berusia sekira setahun, naik gajah bersama saya. Juga ada dua kakaknya, Fathan Mubina dan Mumtaz Mahal, yang mencoba keberanian memacu adrenalin dengan flying fox di objek wisata ini.

Museum Satwa

Beberapa koleksi satwa yang diawetkan di Museum Taman Margasatwa Semarang

Berpose dengan latar belakang koleksi Museum Taman Margasatwa Semarang




Saat kali kedua berkunjung kemarin, kami menyaksikan ada beberapa perubahan di objek wisata ini. Begitu memasuki pintu masuk objek, di sebelah kanan terdapat ruangan yang digunakan sebagai museum satwa.  Ruangan itu tidak terlalu luas. Di dalamnya ada beberapa hewan yang diawetkan. Hewan-hewan itu berasal dari satwa koleksi yang mati, lalu diawetkan, kemudian di-display untuk tujuan edukasi.

Pengunjung bisa melihat koleksi satwa yang diawetkan itu secara gratis. Di antara hewan-hewan itu ada penyu, harimau, berbagai jenis burung, kijang, monyet, dan orang hutan. Selain itu, pengunjung bisa berfoto dengan latar koleksi satwa itu. Bila tak membawa kamera, jangan kuatir, di tempat tersebut  ada jasa layanan foto langsung jadi, dengan cukup merogoh kocek Rp 10 ribu atau Rp 20 ribu sesuai ukuran foto yang dipilih.

Harimau, salah satu koleksi di Taman Margasatwa Semarang
Julang Mas, salah satu satwa koleksi di Taman Margasatwa Semarang
Beruk, salah satu koleksi satwa di Taman Margasatwa Semarang

Sebagaimana kebun binatang lainnya, Taman Margasatwa Semarang memiliki puluhan koleksi satwa yang cukup beragam. Ada gajah, harimau, ular, beruk, orang hutan, kancil, merak, buaya, aneka jenis burung seperti elang dan julang emas, kasuari, beruang madu, dan lain sebagainya. Semua satwa ditempatkan dalam kandang yang dibuat mirip dengan habitatnya.

Sayangnya, saat kami berkunjung, kami tidak bisa naik gajah seperti dulu. Pengelola hanya memberi layanan berfoto dengan gajah. Anak saya tidak mau kalau hanya sekedar berfoto dengan gajah. Maunya ya naik gajah dan gajahnya jalan. Tapi karena tidak ada layanan naik gajah ya akhirnya kami hanya lihat-lihat saja.

Wisata Keluarga

Kebun binatang Mangkang memang cocok sebagai wisata edukasi satwa untuk keluarga. Selain bisa melihat-lihat aneka satwa, di objek wisata ini juga dilengkapi aneka jenis rekreasi yang lain. Di antaranya ada flying fox, water boom, naik delman keliling kebun binatang, dan becak air. Di samping juga ada wahana permainan anak seperti kolam pemancingan mainan, komidi putar, dan lain sebagainya.

Salah satu permainan di Taman Margasatwa Semarang
Saya dan keponakan saya, Muthiah Awaliyah, berpose dengan ular piton di salah satu sudut Taman Margasatwa Semarang

Selain itu semua, di berbagai sudut objek wisata ini, dijumpai banyak layanan jasa foto langsung jadi, seperti berfoto bersama ular, burung hantu, dan sebagainya. Sehingga foto itu nantinya bisa menjadi kenangan pernah berkunjung ke objek wisata Taman Margasatwa Semarang.



Sayangnya, saat kami hendak membeli souvenir khas, kami tidak menemukan kaos yang ada tulisan objek wisata ini, misalnya bertuliskan “Taman Margasatwa Semarang”, “Kebun Binatang Mangkang”, atau “Bonbin Mangkang”.  Kami memang gemar membeli kaos bertuliskan objek wisata yang kami kunjungi. Selain untuk kenangan, juga untuk dipakai, sekaligus sebagai sarana promosi.

Taman Margasatwa Semarang atau Kebun Binatang Mangkang adalah salah satu objek wisata favorit di Semarang. Bisa menjadi jujugan wisata bagi yang ingin rekreasi sekaligus belajar tentang keanekaragaman satwa. Tiket masuknya Rp 6 ribu per orang. Cukup murah bukan? Selamat berkunjung ke Taman Margasatwa Semarang.* (Kang Asti, www.jatengnyamleng.com)

Komentar Facebook
No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *