Sate Buntel Tambak Segaran, Kuliner Khas Solo yang Legendaris Sejak Tahun 1948




Sate buntel. Permata kuliner nusantara khas Solo. Tidak seperti sate pada umumnya, sate buntel terbuat dari cincangan halus daging kambing yang dibumbui dan dibungkus lemak jala. Sate buntel Tambak Segaran adalah salah satu pelopor sate buntel di Solo. Karenanya layak disebut sebagai legendaris.

Hari itu, saya ikut mendampingi rombongan wisata edukatif sekolah yang saya kelola ke Taman Satwa Taru Jurug Solo dan Agrowisata Sondokoro Karanganyar. Sorenya, setelah mengunjungi kedua destinasi wisata tersebut, kami pulang lewat Solo. Bus berhenti dan parkir di pelataran Benteng Vastenburg. Agendanya kali ini adalah berburu oleh-oleh.

Namun saya lebih memilih berburu kuliner. Sate buntel Tambak Segaran akhirnya yang menjadi target kali ini. Sebelumnya, saat berkesempatan berada di Solo, saya telah mencicipi sate buntel Mbok Galak di Jl. Mangun Sarkoro 122 Sumber, Banjarsari, Solo. Kali ini saya tertarik untuk mencicipi sate buntel asli versi Tambak Segaran yang juga populer dan legendaris.

Baca: Ternyata Sate Buntel Mbok Galak Memang Enak

Naik Gojek Gratis

Lagi-lagi, saya diuntungkan dengan keberadaan ojek online. Saya cukup order via hp, mas driver Gojek sudah menghampiri saya.  Dan menurut informasi yang saya baca di layar hp saya, tercantum gratis alias tak ada nominal yang perlu saya bayar untuk order kali ini. Benarkah? Nanti deh saya tanya mas-nya.

Dengan ramah, mas driver segera membawa saya ke Warung Sate Kambing Asli Tambak Segaran yang beralamat di Jl. Tambaksegaran 39 (Jl. Sutan Syahrir 149) Solo. Hanya butuh waktu tempuh sekitar 10 menit, kami sudah tiba di depan warung yang saya tuju. Rupanya, mas driver sudah tahu keberadaan warung ini yang memang sudah sangat populer di Solo. Saya pun segera turun dari motor dan ketika

Dan ketika saya tanyakan tentang biaya ojeknya, masnya bilang gratis, karena sedang ada promo. Alhamdulillah, rejeki anak saleh haha…

Satenya Empuk dan Lembut

Saya segera masuk ke warung dan memesan seporsi sate buntel yang saya inginkan. Karena proses pembakaran sate ada di luar, jadi saya bisa melihat dan menjepret proses pembakaran sate buntelnya. Termasuk menjepret penampakan sate buntel sebelum dibakar.

Penampakan sate buntel sebelum dibakar
Proses pembakaran sate

Masnya sedang membakar sate




Tak berapa lama kemudian, seporsi sate buntel dan es beras kencur telah terhidang di hadapan saya. Sate buntel Tambak Segaran ternyata berbeda cara menyajikannya, yakni dengan melucuti tusuk sate dari satenya. Sehingga bagi yang tidak tahu prosesnya, maka akan merasa aneh, kok sajian begitu disebut sate hahaha…

Tapi karena saya sudah tahu sejak awal, saya pun tak merasa aneh. Yang ada hanyalah keinginan untuk segera melahap sajian menggoda di depan saya hahaha…

Sate buntel asli Tambak Segaran
Seporsi sate buntel plus segelas es beras kencur

Sate buntel Tambak Segaran lemaknya sedikit alot, begitu yang saya rasakan. Tapi, dalamnya yang berupa cincangan daging kambing berbumbu tetap lembut dan berasa. Dinikmati dengan kecap dan irisan bawang merah dan sambal, rasanya nikmat dan mak nyus.

Sate Buntel Favorit Pak Bondan

Informasi yang saya peroleh, sate buntel Tambak Segaran telah dirintis sejak tahun 1948 oleh Liem Hwa Yoe, seorang keturunan Tionghoa. Sejak dulu, ia memang telah berjualan di Jalan Tambak Segaran Solo, sehingga sate buntelnya dikenal dengan nama sate buntel Tambaksegaran.

Warung Sate Kambing Asli Tambak Segaran yang beralamat di Jl. Tambaksegaran 39 (Jl. Sutan Syahrir 149) Solo.

Sejak tahun 1987, sate buntel Tambak Segaran sudah membuka cabang di Yogyakarta, tepatnya di Jalan Brigjen Katamso 192 serta di Jalan Kaliurang KM 9.

Sate buntel asli Tambak Segaran ini adalah sate buntel favorit mendiang Pak Bondan Winarno, pakar kuliner yang mempopulerkan kata “Mak Nyus”. Di Solo, warung sederhana ini juga membuka cabang, yakni di Jl. Moh. Yamin 61, Solo.

Bila sedang di Solo, bolehlah mampir ke warung ini dan mencicipi kuliner legendaris yang telah ada sejak tahun 1948. Warung sate kambing asli Tambaksegaran buka mulai jam 12.00 hingga jam 22.00 WIB.* (Kang Asti, www.jatengnyamleng.com)

 

 



Komentar Facebook
No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *