Menikmati Sajian Becek di Warung Soto Noroyono Purwodadi

Becek khas Grobogan




Salah satu brand kuliner paling ikonik dan populer di Kabupaten Grobogan adalah Noroyono. Tak hanya berpuas diri dengan capaian kesuksesannya, rupanya kini Noroyono melebarkan sayap bisnis kulinernya dengan membuat warung soto dengan tawaran menu yang berbeda dengan menu yang selama ini menjadi kekuatannya, yakni menu spesial ayam goreng dan ayam bakar.

Warung Soto Noroyono itu berada di Jl. Sutoyo Siswomiharjo No. 61 Purwodadi. Beberapa hari lalu, saya berkesempatan mampir untuk makan siang di warung ini bersama anak ragil saya, Hanum Tazkia. Sebelumnya beberapa kali saya sempat makan siang di warung ini dengan teman.

Baca juga: Ayam Goreng dan Ayam Bakar Noroyono Purwodadi, Lezat dan Ikonik Sejak Tahun 1989

Warung Soto Noroyono memiliki setting tempat yang cukup luas dan nyaman. Juga bersih. Suasananya cocok untuk makan bersama teman, kolega, maupun bersama keluarga. Sebagaimana namanya, soto menjadi menu andalan di warung ini. Ada tiga pilihan soto, yakni soto ayam, soto daging sapi, dan soto balungan.

Warung Soto Noroyono

Tapi sejak awal saya tidak tertarik dengan sotonya. Saya lebih tertarik tawaran menu lainnya di warung ini, yakni becek. Ya, becek. Kuliner khas Grobogan yang sekarang sudah mulai nge-hits dan populer itu. Saya ingin mencicipi cita rasa becek versi Noroyono.

Seporsi becek pun saya pesan. Tak berapa lama kemudian, pelayan warung datang membawa seporsi becek dan seporsi nasi. Hmm..tampilan becek ala Noroyono begitu menggoda. Iga sapinya yang menyembul di antara kuah begitu melambai-lambai. Seporsi nasinya juga telah dilengkapi kacang tolo dan tumis lombok ijo yang semakin membuat membuai aduhai.

Baca juga: Lezatnya Becek Grobogan, Paduan Pedas dan Asemnya Bikin Ketagihan 



Setelah jepret-jepret sekedarnya, saya pun segera melahap menu spesial yang sudah ada di hadapan saya itu. Tahap pertama, tentu saya cicipi dulu dengan perlahan, sesendok demo sesendok, kuah beceknya.

Becek di Warung Soto Noroyono
Seporsi Becek dan Nasi lengkap dengan kacang tolo dan tumis lombok ijo yang melambai aduhai

Bagi saya, kuah menjadi pertaruhan pertama apakah becek ini recommended atau tidak nantinya. Sesudah itu baru kompenen daging atau balungannya. Sendokan pertama, kedua, dan ketiga, membuat saya memutuskan simpulan bahwa kuah becek Noroyono cenderung asem, dan gurih. Berbaur menjadi cira rasa seger yang otentik. Kuahnya tak terlalu pedas. Daging yang menempel pada balungan iga sapinya juga empuk dan gurih karena bumbunya yang meresap.

Baca juga: Cita Rasa Memukau Becek Kerbau di Warung Yanto Ganjar Getasrejo, Grobogan

Menurut saya, becek Noroyono menjadi penambah daftar destinasi wisata kuliner yang selama ini telah meramaikan blantika kuliner becek di Kabupaten Grobogan, seperti becek WM. Putra 45, becek WM. Mbak Ping, dan becek Warung Sedep Yanto Ganjar Getasrejo, yang selama ini menjadi favorit saya. Selain sajian becek, warung soto Noroyono juga menawarkan menu iga bakar yang juga menggoda. Pokok’e mak nyus.* (Kang Asti, www.jatengnyamleng.com)

Komentar Facebook
No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *