Jatipohon Indah (JPI), Destinasi Wisata Favorit di Kabupaten Grobogan




Nama Jatipohon sebagai sebuah objek wisata di Kabupaten Grobogan sudah populer sejak saya remaja, bahkan sejak saya masih kecil. Lamat-lamat ketika itu saya dengar kabar bahwa dari objek wisata ini kita bisa melihat view Kota Purwodadi. Saya belum membuktikannya ketika itu, baru setelah dewasa saya beberapa kali berkesempatan berkunjung ke Jatipohon.

Kini wisata Jatipohon semakin menggeliat. Dulu, sependek ingatan saya, objek wisata Jatipohon dikenal dengan nama Bukit Pandang Jatipohon. Karena dari perbukitan Jatipohon ini, pengunjung bisa melihat Kota Purwodadi sejauh mata memandang.

Sebuah brand baru, yakni Jatipohon Indah (JPI) diperkenalkan ke publik saat launching Desa Wisata Jatipohon pada 3 September 2016 lalu.  Selain masih mengandalkan eksotisme view panorama Kota Purwodadi dari atas gunung kapur Kendeng Utara, Jatipohon Indah (selanjutnya disebut JPI) juga menawarkan eksotisme pemandangan dari atas puncak bukit lamping, yang pengunjung bisa berswafoto dengan latar pemandangan yang indah dan menawan, serasa berada di atas awan.

Berfoto dengan latar panorama yang indah. Foto Kang Asti




Pada Sabtu (17/3/2018), yang bertepatan dengan libur Hari Raya Nyepi, saya bersama keluarga, berkesempatan piknik ke JPI. Ini pertama kalinya saya ke JPI dengan membawa keluarga. Pada kunjungan yang terakhir ke JPI, saya bersama teman-teman komunitas Grobogan Corner (GC), saat itu JPI belum dilaunching sebagai Desa Wisata.

Panorama dari Bukit Lamping

Di JPI, pengunjung bisa melihat view Kota Purwodadi dari objek wisata ini. Panorama yang sulit kita temukan di tempat lain. Tak sekedar itu, saat ini JPI juga menawarkan  sensasi menjelajah bukit lamping. Dengan tiket Rp 5 ribu per orang, pengunjung bisa menjelajah naik ke bukit lamping. Sebelum pendakian ke bukit lamping, pengunjung bisa berswafoto dulu di spot-spot yang sudah disediakan.

Berfoto dengan latar pemandangan yang menawan di puncak bukit lamping. Foto oleh kang Asti

Sementara pengunjung anak-anak bisa bermain-main di area permainan yang telah disediakan. Ada jungkat-jungkit, ayunan, dan sebagainya. Setelah itu, baru mulai pendakian.  Jangan khawatir, bukitnya tidak terlalu tinggi kok. Juga sudah dibuatkan anak tangga, sehingga memudahkan pengunjung menuju ke puncak bukit.

Di puncak bukit lamping, pengunjung bisa melihat view yang indah. Panorama dari atas bukit yang mempesona. Juga bisa berfoto-foto di spot-spot yang telah disediakan. Dari panggung pohon, pengunjung bisa berfoto dengan latar awan yang menawan. Juga ada spot foto kupu-kupu dan spot-spot lainnya yang tak kalah asyik.

City View, Penginapan yang Bersejarah




Di kompleks wisata Jati Pohon Indah (JPI) juga dilengkapi sejumlah homestay, lebih tepatnya penginapan. Salah satunya adalah City View, sebuah bangunan yang menyimpan sejarah penting. Sebuah sumber menyebutkan, bangunan lama bergaya Eropa yang terdapat di kompleks Jatipohon Indah (JPI) itu pernah ditempati Perdana Menteri Indonesia ke-9 Burhanuddin Harahap bersama keluarganya selama hampir setahun lamanya.

City View Jati Pohon. Penginapan yang bersejarah. Foto oleh Kang Asti

Burhanuddin tinggal di rumah itu sekira tahun 1960 karena masalah politik, lebih tepatnya berstatus sebagai tahanan politik di era Orde Lama. Selama Burhanuddin bertempat di rumah itu, sekitar bangunan dijaga aparat keamanan. Kebutuhan sehari-hari Burhanudin dilayani oleh seorang warga setempat bernama Rasmin.

Sesuai tulisan yang tercetak di tembok depan sisi kiri, bangunan rumah itu selesai dibangun pada tanggal 13 Oktober 1935 oleh seorang pengusaha keturunan Tionghoa dari Purwodadi bernama Tan Liong Pin. Tan Liong Pin membuat bangunan itu untuk tempat istirahat, dengan view panorama alam yang menawan.

Pada tahun 1950, bangunan itu dijual kepada perusahaan kayu milik negara yang kini bernama Perum Perhutani. Oleh pihak Perhutani, bangunan rumah bergaya Eropa dengan beberapa kamar itu dijadikan tempat penginapan dengan nama ‘City View Jati Pohon’.

Berenang di Langen Sari

Berenang di air yang jernih di kolam renang Langen sari komplek Jatipohon Indah (JPI). Foto oleh Kang Asti




Satu lagi wahana di kompleks Jatipohon Indah (JPI), yakni kolam renang Langen Sari yang terletak di samping City View. Hanya kolam renang sih, bukan wahana air dengan aneka permainan seperti yang biasa ada di water park atau waterboom.

Tapi keistimewaan di kolam renang ini adalah airnya yang tidak mengandung obat. Melainkan air murni yang berasal dari sumber air Jatipohon yang segar dan jernih. Setiap seminggu sekali kolam itu dikuras dan dibersihkan, lalu dialirkan lagi air dari sumbernya. Terdapat setidaknya 2 jenis kolam renang yang dibedakan berdasarkan ketinggian air dan tingkatan usia. Yakni untuk anak-anak dan remaja/dewasa.

Nah, itulah sekilas profil objek wisata Jatipohon Indah (JPI) yang berlokasi di Desa Sumber Jatipohon, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan. Sebuah objek wisata berbasis panorama alam yang kini tengah menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Grobogan. Semoga bermanfaat.*(Kang Asti, www.jatengnyamleng.com)

Komentar Facebook
Rating: 4.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *