Berkunjung ke Rumah Kedelai Grobogan (RKG), Melihat Proses Pembuatan Tahu dan Tempe Higienis

Kabupaten Grobogan selama ini populer sebagai salah satu daerah penyangga pangan di tingkat Jawa Tengah maupun nasional. Hal ini terkait dengan tingginya hasil produksi beberapa komoditas pertanian, terutama jagung, dan kedelai. Bahkan Kabupaten Grobogan dikenal memiliki varietas kedelai lokal unggulan dengan nama “Kedelai Varietas Grobogan”.




Bahkan untuk mengembangkan varietas kedelai tersebut, telah dibangun Rumah Kedelai Grobogan (RKG) sebagai sentra informasi teknologi pengolahan dan pelatihan kedelai Varietas Grobogan. Rumah Kedelai Grobogan (RKG) beralamat di Jl. Purwodadi-Solo, Desa Krangganharjo, Toroh.

Bila ingin mengetahui seluk-beluk kedelai varietas Grobogan ini, Anda bisa berkunjung ke sini. Saya telah beberapa kali berkunjung ke Rumah Kedelai Grobogan (RKG). Terakhir berkunjung baru-baru ini pada Rabu (4/4 2018), saat membersamai rombongan guru dan murid SDIT Ilma Nafia Godong dalam acara outing class dan kunjungan edukatif.

Para murid diajak melihat tanaman kedelai di lahan milik RKG.

Saat rombongan kami datang, kami dipersilakan masuk di aula RKG. Di sini, para murid mendapatkan materi terkait dengan kedelai dan aneka olahannya seperti tahu, tempe, dan susu. Setelah itu diajak menuju ke lahan di mana kedelai varietas Grobogan ditanam. Kebetulan, hari itu tanaman kedelai sudah berbuah yang sepertinya mendekati masa panen.

Di Seed Center, para murid mendapatkan penjelasan lebih rinci tentang kedelai Grobogan.

Para murid mendapatkan penjelasan tentang proses pembuatan tahu higienis.





Dari lahan penanaman kedelai, para murid diajak menuju ke seed center. Di seed center ini, para murid dijelaskan lebih rinci terkait dengan profil kedelai varietas Grobogan, sejak ciri-ciri hingga masa tanamnya, serta keunggulannya dibanding dengan kedelai lainnya. Di seed center juga di-display jenis-jenis kedelai lokal lainnya, seperti anjasmoro, ijen, tanggamus, dan sebagainya.

Praktik membuat tempe higienis.
Beberapa murid memperlihatkan tempe bikinannya.
Berpose bersama-sama setelah semuanya selesai.

Setelah dari seed center, para murid bergerak menuju ke Rumah Tahu untuk melihat proses pembuatan tahu higienis. Kemudian dilanjutkan menuju ke Rumah Tempe untuk mendapatkan penjelasan dan melihat langsung proses pembuatan tempe higienis. Di Rumah Tempe, para murid juga diajak praktik membuat tempe, yang hasilnya masing-masing dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Soybean Resto, Wisata Kuliner Serba Olahan dari Kedelai

Selain bisa belajar dan melihat proses pembuatan tahu dan tempe higienis, di kompleks Rumah Kedelai Grobogan (RKG) juga dilengkapi sebuah resto bernama Soybean Resto. Di resto ini, pengunjung bisa mencicipi aneka kuliner olahan dari kedelai, seperti susu (soya), tahu, dan tempe, dengan diolah menjadi berbagai macam menu yang enak.

Soybean Resto di kompleks RKG.

Tofu telur asin, salah satu menu di Soybean Resto yang terbuat dari tahu higienis produksi RKG.




Seperti hari itu, saya mencicipi seporsi nasi dan tofu telur asin dengan minumnya es teler soya. Tentu, ada banyak pilihan menu lainnya yang bisa dicoba. Apalagi suasananya juga mendukung, dengan konsep taman yang sangat nyaman dan nyantai.

Lokasi RKG mudah ditemukan karena berada di pinggir jalan raya Purwodadi-Solo. Dari simpang lima Purwodadi menuju ke Solo sekira 5 kilometer saja. Rumah Kedelai Grobogan (RKG) ini bisa menjadi wahana rekreasi edukatif sekaligus wisata kuliner bagi keluarga.* (Kang Asti, www.jatengnyamleng.com)

Komentar Facebook
No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *